Alami Lockdown? Stok 8 Makanan Ini Agar Tetap Sehat

Pernahkah anda bertanya-tanya, Apakah makanan terbaik yang sebaiknya dibeli ketika dalam kondisi lockdown dan stay at home?

Berikut daftar makanan yang perlu kita miliki saat kondisi lockdown dan stay at home karena makanan ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

1. Kacang-kacangan dan polong

Pastikan untuk memasukkan kacang-kacangan ke dalam keranjang belanja Anda di supermarket, karena tidak hanya tahan lama tetapi juga merupakan titik awal yang bagus untuk makanan kaya nutrisi.

Polong dan kacang-kacangan adalah sumber protein nabati baik untuk di simpan lama. Kacang buncis atau lentil misalnya, dapat dicampur dengan salad dan hidangan pasta, atau digunakan dalam sup dan semur.


2. Ikan Kalengan

Sumber protein kalengan atau vakum seperti tuna atau salmon juga sangat bergizi, dan dapat meningkatkan asam lemak Omega-3 yang menyehatkan jantung.


3. Gandum, pasta, quinoa dan beras merah

Ini adalah biji-bijian yang kaya nutrisi yang baik untuk disimpan, dan dapat digunakan sebagai lauk atau dicampur dengan protein dan sayuran.


4. Oatmeal

Anda bisa memasak oat dan menambahkan topping gurih seperti keju parut, tomat kering atau bahkan telur untuk hidangan cepat dan kaya nutrisi.


5. Sereal

Sereal kering berserat tinggi, berprotein tinggi, seperti sereal protein dengan susu rendah lemak juga bisa berguna sebagai makanan cepat saji. Tapi, penting untuk tetap memperhatikan kandungan gula di dalamnya. Pilihlah sereal yang mengandung serat tinggi.


6. Buah-buahan Kering Bebas Gula

Buah-buahan kering seperti prem, aprikot, kismis, cranberry, buah ara merupakan sumber zat besi, serat dan antioksidan yang manis. Mereka dapat dikombinasikan dengan kacang – termasuk kacang kenari kaya omega-3 atau almond, kacang mete, pistachio, kacang tanah, atau kacang pecan.

Biji bunga matahari atau biji labu juga merupakan pilihan bergizi yang lezat, dan dapat digunakan untuk campuran makanan.


7. Cokelat

Anda bahkan dapat menyimpan cokelat, meskipun jenis yang paling sehat adalah cokelat hitam (dark chocolate), yang kaya akan flavanol anti-penuaan.

“Tentu saja boleh memasukkan beberapa makanan yang memanjakan, seperti cokelat atau makanan manis lainnya,” terutama selama masa-masa penuh tekanan, kata Pike.


8. Daging dan Ikan Segar

Jika Anda sudah memiliki ikan dan daging segar, jangan lupa untuk membekukannya.

“Protein hewani seperti makanan laut, unggas, dan daging sapi disimpan dengan baik di dalam freezer, biasanya selama beberapa bulan,” kata Pike.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat