5 Cara Membersihkan Buah dan Sayur Selama Wabah Virus Corona

Virus Corona menjadi pandemi di seluruh dunia. Sampai sekarang belum ada bukti pasti penyebaran Virus Corona atau COVID-19 melalui makanan.
Supaya terhindar dari Virus Corona atau COVID-19, kita harus makan buah dan sayur untuk menambah imunitas.

United States Department of Agriculture (USDA) menjelaskan belum ada laporan menyebutkan COVID-19, ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan.

Namun, beberapa orang khawatir akan keamanan dari makanan yang dibeli di pasaran seperti sayur dan buah.

Sebelum memasak, cucilah sayur dan buah untuk memastikan terhindari dari pestisida dan bakteri, seperti salmonella, listeria, dan E. coli, yang biasa menempel.

Mencuci sayur dan buah dapat meminimalisir kontaminasi bahan makanan yang dibawa dari luar rumah.
Membersihkan sayur dan buah penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Berikut lima cara membersihkan buah dan sayur supaya aman dikonsumsi, melansir dari Latimes :


1. Wortel, kentang dan sayuran tumbuh dari tanah

Wortel, kentang, ubi merupakan sayuran yang tumbuh dari tanah. Biasanya sayuran ini perlu digosok dan disikat dibawah air mengalir. Tak lupa bersihkan dengan jari untuk membersihkan sayuran dari kotoran

 

2. Selada dan sayuran hijau lainnya

Taruh selada dan daun sayuran hijau pada mangkok besar kemudian rendam sayuran dengan air. Diambkan sebentar angkat sayuran dalam saringan.

Jika daun masih berpasir, bersihkan dan ulangi sayuran dalam mangkok. Gunakan air dingin untuk membersihkan sayuran.

 

3. Jamur


Beberapa koki tidak membiarkan jamur basah, karena jamur dapat menyerap air seperti spons.
Ketika mencuci cukup ayunkan jamur dengan saringan. Sehingga air akan jatuh ke awah. Jika ada gumpalan kotoran yang tersisa, cabut lalu kembali bilas dengan air.

 

4. Sayuran dan kacang-kacangan


Untuk kacang hijau, asparagus, mentimun dan anggur bilas dengan air bertekanan tinggi lalu gosok dengan tangan. Setelah dibersihkan biarkan kering.

 

5. Sayuran dan buah-buahan yang lembut


Untuk sayur dan buah seperti tomat dan berry cuci dengan air bertekanan rendah lalu putar lembut. Pastikan semua sisi bersih terhindar dari kotoran.

Selain menggunakan air, menurut beberapa penelitian di Food Control Journal penggunaan air cuka, garam dan baking soda dapat membersihkan sayur dan buah-buahan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat